Mengenal jenis stiker dan proses cetaknya

Stiker adalah bahan yang memiliki lem sehingga dapat kita tempel dimanapun kita inginkan. Dapat digunakan sebagai label produk, souvenir, branding kendaraan, dekorasi, dll. Stiker merupakan salah satu media promosi yang efektif. Dengan bahan dan mesin cetak yang tepat, maka hasil cetak stiker dapat maksimal dan sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan.

Kami menyediakan jenis stiker vinyl dasar putih, stiker transparan, dan stiker kromo. Stiker vinyl dan transparan terbuat dari bahan sejenis plastik, sedangkan kromo terbuat dari bahan kertas. Perbedaan terletak pada kekuatan stiker, dan ketahanannya jika terkena air.

Stiker vinyl dan transparan lebih tahan air, dan tidak sobek. Namun harga stiker kromo lebih murah, sehingga untuk anda yang memiliki budget minim bisa mencoba jenis stiker kromo. Stiker kromo biasanya dipakai untuk label produk, sedangkan vinyl selain label produk bisa juga dipakai di kendaraan, dekorasi dinding, atau sebagai alat promosi yang menarik. lebih fungsional stiker vinyl bukan?

Proses Cetak Stiker

Setelah menentukan bahan mana yang akan digunakan, proses selanjutnya adalah proses cetak. Berdasarkan cara cetaknya, dapat dibagi menjadi :

  • Digital Printing
  • Offset Printing
  • Screen Printing (Sablon)

Digital / Offset printing adalah metode untuk mencetak stiker yang full colour, tanpa batasan warna.  Perbedaan dari kedua metode ini adalah pada jumlah cetak stiker, apabila stiker dicetak dalam jumlah sedikit maka proses digital yang dipilih. Harga yang kami tawarkan lebih murah jika anda mencetak dalam jumlah banyak.

Screen Printing (Sablon) adalah proses cetak sablon manual 1-3 warna, tidak bisa gradasi dan full color seperti digital printing. Biaya stiker sablon lebih murah, namun memiliki minimum order yang lebih mahal dibanding digital print. Stiker digital printing bisa dicetak dalam ukuran A3, ataupun meteran. Biasanya stiker sablon dipakai distro kaos untuk souvenir. Silakan cek produk kami untuk info lebih lanjut.

Proses Finishing Stiker

Setelah melalui proses print / sablon, stiker akan melalui proses finishing. Proses ini terbagi menjadi :

  • Laminating
  • Kiss Cut
  • Die Cut

Proses Laminating, adalah pemberian lapisan plastik untuk melindungi stiker dari sinar matahari, goresan, dan memberi kesan eksklusif pada stiker. Proses ini hanya terdapat pada stiker print, sedangkan stiker sablon tidak di laminasi. Namun ketahanan tinta sablon sudah cukup baik tanpa laminasi. Terdapat laminating Glossy untuk menjadikan stiker tampak basah dan mengkilap, dan laminating Doff / Matte yang tidak mengkilap dan lebih elegan. Stiker vinyl dengan laminasi doff adalah salah satu produk best seller kami. Tersedia juga laminasi 3D dan doff tekstur kulit jeruk.

Stiker yang sudah di print, dapat di cutting sesuai pola agar lebih menarik. Stiker memiliki dua lapisan, lapisan atas adalah bagian stiker yang di tempel, sedangkan lapisan bawah berupa kertas yang nantinya tidak kita gunakan. Kiss Cut adalah proses cutting dimana hanya bagian stiker yang di tempel di cutting sesuai pola. Sedangkan pada proses Die Cut, bagian atas dan bawah stiker dipotong sesuai pola sehingga lebih rapi dan menarik. Simak video berikut untuk melihat perbedaan stiker Kiss Cut dan Die Cut :

Silakan konsultasikan terlebih dahulu kebutuhan cetak Anda dengan tim Seven. Kami dapat menyesuaikan dengan budget dan keinginan Anda untuk menghasilkan hasil cetak yang maksimal dan berkualitas. Selamat berbelanja dan sukses selalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *